Berencana Rekam Ledakan Bom Serpong, Imam Diduga Bermotif Ekonomi

Jakarta – Kameramen Global TV, IF alias Imam Firdaus (IF) berencana untuk merekam ledakan bom di Serpong, Tangerang. Imam diyakini tidak memiliki motif jihad seperti pelaku lainnya. Lalu apa motif Imam?

“Dia sadar melakukannya. Namun motivasinya uang,” ujar pengamat terorisme, Mardigu WP saat berbincang dengan detikcom, Senin (25/4/2011).

Ahli hipnoterapi ini menegaskan Imam tidak dihipnotis oleh Pepi yang diduga memimpin teror bom buku. Imam hanya tergoda iming-iming Pepi yang akan memberinya imbalan besar.

“Tidak ada unsur hipnotis, dia sadar kok. Tapi memang kurang panjang berfikirnya sehingga berakhir seperti ini,” jelas Mardigu.

Namun Mardigu enggan membeberkan berapa iming-iming uang yang akan diterima Imam jika ia berhasil merekam ledakan bom itu. “Yang jelas itu sudah terkonfirmasi. Tapi saya belum tahu berapa (uangnya),” jelas pria yang juga psikolog ini.

Imam Firdaus ditangkap bersama 19 tersangka kasus bom buku dan bom Serpong, Tangerang, Banten. Menurut Kabagpenum Mabes Polri Kombes Pol Boy Rafli Amar, peran Imam untuk merekam aksi teror yang direncanakan.

Selain itu, Imam juga ditawari oleh perancang aksi bom Pepi Fernando untuk menyiarkan peristiwa tersebut secara langsung. Imam juga diminta untuk mengajak media asing untuk melakukan hal yang sama.