Pemilik Warung di Abbottabad: Osama bin Laden Suka Pepsi dan Coca Cola

REPUBLIKA.CO.ID, ABBOTTABAD – Dua warga Pakistan  yang diketahui membantu Osama bin Laden bersembunyi kerap berbelanja minuman ringan dalam jumlah banyak di warung setempat. Apa yang dibelinya? Menurut pemilik warung, adalah dua minuman ringan populer asal Amerika,  Pepsi dan Coke.

Dua orang yang mengenalkan diri mereka sebagai Akbar dan Rashid Khan ini biasa melakukan belanja harian di beberapa warung setempat. Mereka berbicara dalam aksen bahasa Pashtu-Waziristan, sebuah daerah di perbatasan Afghanistan, kata pemilik toko kelontong, Anjum Qaisar, 27 tahun.

Meski warung berjarak hanya 150 meter dari kompleks tempat mereka tinggal, pria ini “tidak pernah datang dengan berjalan kaki”. Kendaraan yang biasa digunakan adalah  Pajero atau Suzuki van

“Saya ingin tahu tentang mengapa mereka membeli makanan begitu banyak, tetapi aku tidak ingin bersikap kasar dengan menanyakannya,” kata Qaisar. Sekali belanja, cukup untuk sedikitnya 10 orang.

Saat ditanya mengapa pindah ke situ, mereka mengatakan kepada tetangga mereka bahwa keluarga itu telah melarikan diri dari permusuhan suku penuh kekerasan di Waziristan untuk mencari kehidupan yang lebih tenang di Abbottabad. Lokasi ini berada dalam jarak 50 km dari  Islamabad.

Sehari setelah pertempuran senjata yang mengungkapkan keberadaan bin Laden, para mantan tetangga menyatakan terkejut bahwa pemimpin Al-Qaeda telah tersembunyi di antara mereka. Rumah persembunyian itu hanya satu mil dari pintu gerbang Akademi Militer Pakistan.