Dunia Umar Patek Pandu AS ke Osama? Umar Patek diduga akan bertemu Osama bin Laden.

Penangkapan tersangka otak bom Bali Umar Patek di Abbottabad, Pakistan, tak bisa hanya dipandang sebagai peristiwa biasa saja. Apalagi setelah penyergapan gembong teroris wahid dunia, Osama bin Laden, di kota yang sama. Apakah ada hubungan Patek dan Osama?

Dilansir dari laman The Australian, Patek ditangkap pada 25 Januari 2011 saat berupaya menemui Osama bin Laden. Dia ditangkap hanya beberapa kilometer saja dari kompleks rumah pemimpin Al Qaeda, Osama bin Laden.

Laman ini pun mengutip Menteri Pertahanan RI Purnomo Yusgiantoro yang menyebutkan,”Informasi yang kami dapat, mengapa Umar Patek di Pakistan karena dia ingin menemui Osama bin Laden.”

Otoritas Amerika Serikat menyebutkan bahwa mereka melacak keberadaan Osama melalui kurir-kurinya. Sementara koran beroplah besar di Pakistan, Jang, menurunkan artikel informasi sumbernya yang menyebutkan petunjuk mutakhir persembunyian Osama diambil dari interogasi badan intelijen Pakistan, Inter-Services Intelligence (ISI). Hasil interogasi ini kemudian diserahkan ke Pusat Intelijen Amerika Serikat, CIA.

Pensiunan jenderal Pakistan, Talat Masood mengatakan penangkapan Patek sangat mungkin berkaitan dengan tewasnya Osama dalam penyerangan tim elite militer AS, Senin lalu waktu setempat. “Dalam hal ini, penangkapan Patek sangat signifikan.”

Spekulasi bahwa Patek menyerah dan memberikan informasi persembunyian Osama pun makin menyebar.

Di sisi lain, seorang pejabat AS mengklaim bahwa Umar Patek disergap atas hembusan informasi dari CIA. Kantor intelijen Pakistan, ISI, yang yang dikenal punya hubungan dengan kelompok Taliban, tidak membantah hal ini. Tapi, tetap ISI-lah yang menangkap dan memroses hukum Patek. Tersangka teroris nomor wahid itu masih ditahan dalam sel isolasi.(sj)