Rumah Tempat Osama Tewas Jadi Obyek Wisata “Orang harus mengunjungi tempat dimana gembong teroris dunia pernah hidup.”

Kompleks rumah di mana gembong teroris dunia Osama bin Laden menemui ajalnya, berubah menjadi obyek wisata.

Petugas pengawas berbondong-bondong datang ke rumah yang terletak di Abbottabad, Pakistan itu. Senin lalu, tim elite militer Amerika Serikat menyerbu kompleks rumah Osama dan menembak mati sang pimpinan Al Qaeda.

Meski pintu gerbang ke kompleks rumah ditutup, namun warga yang ingin melihat lingkungan rumah Osama boleh berkeliaran di sekitar area rumah.

Tak sedikit warga yang datang untuk melihat-lihat kemudian berfoto di depan gerbang rumah Osama yang berwarna hijau tua itu, seperti dikutip dari laman Dailymail edisi Jumat 6 Mei 2011. Diantara mereka bahkan ada satu keluarga yang membawa bayi dan anak mereka.

Tak hanya itu, warga yang penasaran sampai harus naik ke atas kursi untuk melihat ada apa di balik kompleks rumah Osama.

Salah satu warga setempat, Ali Abas (43) malah berniat mengkampanyekan agar rumah pemimpin Al Qaeda itu itu dijadikan situs wisata resmi. Dia mengklaim turis Eropa dan Amerika Serikat pasti akan mendatangi tempat tersebut.

“Ini akan sangat baik bagi kota ini. Orang harus mengunjungi tempat dimana gembong teroris dunia pernah hidup,” kata Abas.

Abas menilai media dan fotografer harus dibolehkan masu ke dalam rumah untuk mengabadikan tempat tersebut sebagai salah satu bagian dari sejarah. (umi)