CIA Izinkan Kongres Lihat Foto Osama Tewas Sebelumnya, Obama tidak mengizinkan publikasi foto-foto tewasnya gembong teroris itu.

Badan Intelijen CIA memberi kesempatan kepada sejumlah anggota Kongres Amerika Serikat (AS) untuk melihat foto-foto tewasnya Osama bin Laden. Ini untuk menepis keraguan atas kematian pemimpin jaringan teroris al-Qaeda itu.

Menurut stasiun berita CNN, berdasarkan sumber anonim dari kalangan pejabat AS, para wakil rakyat akan dipertunjukkan foto-foto Osama di Markas CIA, yang terletak di Langley, negara bagian Virginia. Tanggal kunjungan akan ditetapkan.

Para anggota Kongres yang diperbolehkan melihat foto Osama itu terdiri dari Komisi Angkatan Bersenjata Senat dan Komisi Intelijen Senat. Beberapa anggota DPR dari komisi-komisi tertentu juga diberi kesempatan untuk melihatnya.

Sebelumnya, Presiden Barack Obama Rabu pekan lalu memutuskan tidak akan memberi izin publikasi foto-foto tewasnya Osama. “Publikasi itu bisa meningkatkan opini menentang Amerika Serikat,” kata juru bicara Kepresidenan, Jay Carney.

Namun, sejumlah kalangan politisi di AS dikabarkan belum betul-betul yakin bila Osama tewas dalam operasi pasukan khusus Navy SEAL di Abbottabad, Pakistan, 1 Mei lalu. Menurut harian Daily Mail, dengan menggunakan Undang-undang Kebebasan Informasi, para wakil rakyat mendesak pemerintah memberi akses untuk melihat foto Osama sebagai bukti