Barcelona Terancam Tanpa Buquets Lawan MU Dalam tayangan video di situs Real Madrid, Busquets terlihat meledek bek Real, Marcelo.

UEFA sedang menyelidiki dugaan tindakan rasis yang dilakukan gelandang bertahan Barcelona, Sergio Busquets. Barcelona terancam kehilangan Busquets di final Liga Champions.

Dalam tayangan video di situs Real Madrid, Busquets terlihat meledek bek Real, Marcelo Junior dengan ucapan rasis. Dalam laga semifinal
leg 1 di kandang Madrid, Santiago Bernabeu, Busquets berkata ‘mono, mono’ dalam Bahasa Spanyol alias ‘monyet’ kepada Marcelo.

“UEFA telah memulai proses investigasi kepada gelandang FC Barcelona, Sergio Busquets yang diduga telah melanggar Article 11 UEFA Disciplinary
Regulations karena melakukan tindakan rasis kepada pemain Real Madrid CF di semifinal Liga Champions leg 1 pada 27 April,” bunyi pernyataan UEFA.

“Kasus ini diangkat sesuai dengan bukti yang diajukan Real Madrid (video dan pernyataan dari klub dan pemain). UEFA Control and Disciplinary Body akan bersidang pada Minggu 15 Mei dan mendengar kesaksian pada Senin 16 Mei.”

Jika terbukti bersalah, Busquets akan absen di final Liga Champions. Barca akan bersua Manchester United di final di Stadion Wembley, London, 28 Mei 2011.

Ini menjadi satu dari beberapa kontroversi dalam laga El Clasico antara Barca dan El Real. Madrid tak senang dengan tindakan rivalnya itu serta kartu merah yang diberikan kepada Pepe.

Sedangkan Barca memprotes komentar pelatih Madrid, Jose Mourinho seusai laga yang menyebut ada skenario dari UEFA untuk meloloskan Barca ke final. Komplain Barca direspon UEFA dengan memberikan Mourinho skorsing dalam lima laga.