Tunas Garuda Program Demokrat ke Arsenal Training Camp London

Palembang (ANTARA News) – Sebanyak empat pesepak bola usia muda (14-16 tahun) dinyatakan lulus seleksi daerah Tim Tunas Garuda di Palembang, Sumatera Selatan yang berlangsung 28-29 Mei ini.

Penanggungjawab seleksi daerah Tunas Garuda Sumatera Selatan (Sumsel), Ir H. Ishak Mekki, di Palembang, Minggu, menyebutkan empat pemain yang lolos itu adalah Rangga Pratama, M Eswin Agave, Icshan Kurniawan, dan Rendi Refsanyami.

“Keempat pemain yang lolos ini memiliki peluang untuk berlatih di pemusatan latihan tim asal Inggris Arsenal, asalkan bisa lolos pada seleksi tingkat nasional. Mereka yang lolos akan diseleksi lagi di Jakarta,” kata dia.

Selain memilih empat pemain yang menjadi perwakilan daerah, pada seleksi daerah ini panitia juga menetapkan tujuh pemain terbaik, yakni Muhammad Robbi, Adi Septiawan, Ziko Sukmana, Fahrur Ramadhan, Nabil Dwi Julian, M Alfian Ardiansyah, dan Muhammad Aldino Bama Anugrah.

“Untuk pemain terbaik hanya mendapatkan hadiah Rp500 ribu. Mereka tidak akan mengikuti seleksi di Jakarta karena yang dikirim hanya empat orang yang dinyatakan lulus,” ujar dia pula.

Dia mengemukakan, panitia seleksi cukup kewalahan menyelenggarakan kegiatan itu, mengingat jumlah peserta yang mencapai seribuan orang.

“Tercatat seribu lebih pesepak bola usia 14-16 tahun yang ambil bagian. Bahkan pesertanya tidak hanya dari wilayah Sumsel, tapi ada yang dari Bangka Belitung, Bengkulu, Riau, Jambi, dan Sumatera Barat,” kata dia lagi.

Ishak Mekki menjelaskan bahwa Tunas Garuda merupakan program Partai Demokrat untuk turut memberikan sumbangsih dalam memajukan persepakbolaan nasional.

Program ini nantinya akan membawa anak-anak muda berbakat untuk berlatih di Arsenal Training Camp (London, Inggris) pada Oktober 2011.

“Pembinaan pesepak bola usia dini sangat penting, karena itu kami memilih untuk memperhatikan anak-anak usia muda. Mereka merupakan cikal bakal pemain timnas,” kata dia.

Pihaknya cukup optimistis melalui ajang ini akan mendapatkan pesepak bola handal yang mampu membawa nama baik bangsa dan negara di kancah internasional.

“Kami percaya bahwa para lulusan dari Tunas Garuda Arsenal Camp nantinya mampu menghiasi skuad Merah Putih (sebutan timnas) ke depan, mengingat materi yang diberikan mengadopsi langsung dengan pola pembinaan di Inggris,” kata dia pula.

Program Tunas Garuda “Saatnya Jebol Gawang Arsenal” di Palembang sebanyak 530 orang, kata Koordinator Panitia Pelaksana, Rizky Kusuma.

Menurut dia, dari mereka yang mendaftar itu diseleksi dan menjadi finalis sebanyak 11 orang, kemudian diseleksi lagi sehingga menghasilkan empat peserta terbaik yang berhak mengikuti seleksi Tunas Garuda Nasional.

Seleksi nasional Tunas Garuda di Jakarta pada 18 September hingga 1 Oktober 2011, kata dia lagi.

Ia mengatakan, program Tunas Garuda itu merupakan sebuah ajang pencarian pemain sepak bola berbakat bagi anak usia 14-16 tahun.

Proses seleksi Tunas Garuda itu dilaksanakan di sembilan kota, yakni Bandung, Palembang, Makassar, Jayapura, Semarang, Malang, Medan, Balikpapan, dan Jakarta.

Palembang sendiri merupakan kota kedua dilaksanakan seleksi Tunas Garuda itu yang dimulai pada 27 Mei dan berakhir pada Minggu ini.

Setiap seleksi daerah akan dipilih empat peserta terbaik untuk mengikuti seleksi nasional Tunas Garuda.

Sebanyak 36 peserta seleksi nasional, nantinya akan disaring lagi menjadi 18 orang yang bakal mengikuti pelatihan sepak bola secara benar dan intensif serta mendapatkan pengalaman bertanding di Arsenal, London, demikian