Trik PES 2010 : Strategi Formasi Skill Card

Sebelumnya sorry nih agan kalo repost atau mengulang threadnya, tapi saya suka banget main PES 2010
dari kemarin-kemarin sejak pertama kali beli cari tempat yang khusus membahas masalah tips dan trick di game ini, ga ketemu ketemu.. jadinya saya bikin sendiri aja ya.

Sepengetahuan dan sepengalaman saya selama bermain PES 2010 ini, masalah control untuk dribble dan lain-lainnya itu berubah banget dibanding platform sebelumnya (PES 2009 dan sebelumnya lagi). Di seri sebelumnya untuk dribble kadang pencet ngasal (kalo make analog) bisa ngeluarin jurus sakti seperti gaya Elastico nya Ronaldinho, Scooping, Cross Over Turn Dribble dan lain-lain.. Kalo di seri ini agak beda, ga sembarang orang bisa ngeluarin.

Yang paling signifikan dari game playnya PES 2010 ini itu mengenai unique ability masing-masing pemain, yaitu munculnya Card System. Card System ini menggantikan special ability yang sebelumnya dipakai oleh engine PES, tapi kita sendiri ga pernah tau abilitynya itu benar-benar keluar atau tidak. Nah di PES 2010 ini semakin jelas berkat Card System. Card System benar-benar menjelaskan bagaimana si pemain bergerak, kecendrungannya, gaya bermainnya, hingga kemampuan khusus pemain tersebut. Dan semua itu berpengaruh besar terhadap Game Plan kita.

Secara garis besar ada 3 macam Card System:

1. Awareness Card (kodenya C)
Ini mendefinisikan kecenderungan pemain, apakah Attack minded (menyerang, gambarnya pedang), Defence minded (bertahan, gambarnya perisai) dan Balanced (bertahan tapi setiap ada kesempatan akan ikut menyerang, gambarnya timbangan). Pemain yang attack minded akan selalu maju setiap kali tim kita mendapatkan bola, sedangkan pemain yang defence minded akan tetap berada di area pertahanan kapan pun, dan balanced akan ikut menyerang apabila bola sudah berada di area kotak penalti lawan. Awareness Card ini dimiliki setiap pemain dan dapat kita atur apakah akan Attack Minded, Defence Minded atau Balanced.

2. Skill Card (kodenya S)
kartu jenis mendefinisikan kemampuan atau ability yang dimiliki pemain. Kemampuan tertentu akan meningkatkan ability dan overall rating pemain bersangkutan,
contohnya

a.Skill Card – Super Sub
membuat pemain yang memilikinya apabila dimainkan sebagai pemain pengganti akan mengalami peningkatan kemampuan (meskipun pada abilitynya tidak bisa kita lihat, tapi akan terasa pada saat kita bermain).

b. Skill Card – Marseille Roulette
membuat pemain memiliki kemampuan berputar (gaya Zidane) yang bisa keluar apabila kita memutar analog Movement 360 derajat. Pada PES 2009 sebelumny, hampir semua pemain bisa mengeluarkan ini tapi dengan syarat memiliki kemampuan dribble dan technique tertentu agar berhasil, sedangkan pada PES 2010 pemain harus memiliki card ini baru kemudian mampu mengeluarkan kemampuannya. Skill card lain yang sejenis dengan ini seperti One-Footed Roulette, Elastico, Scooping, Quick Turn, Cross Over Dribble, dll.

c. Skill Card – Defence Leader
membuat pemain apabila digunakan dalam formasi dan strategi yang tepat akan memperbesar kemungkinan berhasil dalam melaksanakan jebakan offside. Karena strategi tim yang menggunakan Covering lebih kecil kemungkinan jebakan offside berhasil dibandingkan tim yang menggunakan Line Defence, karena Covering pasti akan ada satu pemain bertahan yang bermain lebih dibelakang dibanding yang lainnya. Dan juga Skill Card – Defence Leader ini akan mengakibatkan efek sebalikny jika sang pemain Awareness Cardny Attack Minded atau Play Style Card – Extra Attacker malah menyebabkan celah dilubang pertahanan akibat strategi jebakan offside yang gagal. Skill Card untuk pemain bertahan lainnya adalah Sliding Tackle, Covering, dan Man Marking.

d. Skill Card – Passer
membuat pemain yang akan memiliki kemampuan ini mengoper umpan terobosan yang lebih tajam. Skill Card yang hampir dimiliki oleh pemain-pemain tengah handal yang sering mengirimkan umpan mematikan seperti Xabi Alonso, Pirlo, Gerrard dan sangat-sangat useful

e. dan banyak Skill Card lain seperti Penalty Saver dan One on One untuk GoalKeeper, One on One Finish dan Reaction untuk penyerang dan lain-lainnya.

3. Play Style Card
ini mungkin card yang paling penting dalam game ini dan membuat pemain tersebut bintang dan permainan tim kita lebih hidup dan lebih canggih. Setiap Play Style Card dilengkapi dengan animasi yang menggambarkan bagaimana card system ini bekerja. Jadi kartu ini menggambarkan pergerakan sang pemain bukan peningkatan kemampuan pemain. Dan Play Style Card ini bekerja saat bukan kita yang menggerakan pemainnya, tapi AI. Jadi salah satu keunggulan AI dalam game PES 2010 ini adalah keunikan pergerakan setiap pemain tergantung Play Style Card-nya. Saya coba ambil contoh dari salah satu blog PES 2010 :

a. Misalnya kita memiliki pemain dengan Play Style – Early Crosser. Saat kita sedang membawa bola dan ada pemain tersebut (yang memiliki Early Crosser) di dekat kita maka dia akan bergerak ke dalam posisi yang memungkinkan dia untuk melakukan umpan silang sebelum daerah kotak penalti dan rekan-rekan setimnya akan berusaha menerima umpan tersebut lebih baik. Kemudian pada saat kita mengoper kepada pemain tersebut, semuanya kembali dalam kendali kita dalam bagaimana sang pemain tersebut akan mengumpan.
Play Style card ini bergantung kepada Awareness dari pemain tersebut dan kita bisa menyalakan atau mematikannya. Seperti contoh diatas, Early Cross digunakan apabila Awareness Card pemain adalah Attack Minded. Jika Defence Minded maka otomatis kartu Early Cross akan disilang. Selain itu kita juga bisa mematikan Play Style Card kita apabila ingin si pemain bergerak seperti pemain biasa.

b. Contoh lain adalah Play Style Card – Incisive Run. Pemain yang memiliki play style card ini contohnya adalah Messi. Apabila kita yang mengendalikan Messi, maka play style card tersebut tidak akan pernah aktif. Tapi jika kita menggunakan orang lain (misal Xavi atau Iniesta pada tim Barcelona) maka Messi akan berlari menusuk kedalam dari sayap ke tengah area pertahanan lawan. Sangat2 berguna jika melihat keadaan tersebut dan melanjutkannya dengan mengeluarkan umpan terobosan (dimana kebetulan Xavi dan Iniesta memiliki Skill Card Passer dengan kemampuan pass yang sangat tinggi )

c. Contoh lain lagi adalah Play Style Card – Trickster. Pemain yang memiliki play style card ini contohny Ibrahimovic dan Christiano Ronaldo, dan Messi juga (jadi sudah terbayang kartu ini membuat pemain tersebut melakukan apa :P). Y tepat sekali.. apabila komputer yang mengendalikan pemainnya, maka dia akan selalu berusaha mengecoh pemain lawan dengan dribble menawan dan kemampuan Skill Card yang dimiliki pemain seperti Marseille Roulette, Elastico dll. Jadi play style card tipe ini akan lebih sering kita lihat apabila pemain musuh adalah komputer. Sama halnya dengan Play Style Card – Pin Point Pass atau Long Ranger. Pin Point Pass membuat si pemain akan melakukan umpan2 terobosan dari lapangan tengah (tipe Xabi Alonso) sedangkan Long Ranger membuat si pemain melepaskan tembakan2 jarak jauh ke arah gawang atau umpan2 panjang (tipe Lampard)

d. Contoh Play Style Card yang sangat kita inginkan untuk bertahan adalah Play Style Card – Enforcer (tipe Gattuso) yang akan berusaha menghentikan pemain lawan yang membawa bola di area pertahanan, Box to Box (tipe Park Ji Sung) yang berusaha untuk selalu mengejar bola apabila direbut dengan determinasi tinggi, Anchor Man (tipe Lassana Diarra atau Yaya Toure) pemain tengah yang berfungsi sebagai jangkar dan selalu bertahan di baris pertahanan apabila tim sedang menyerang. Tipe-tipe yang defensive ini sangat menguntungkan jika pemain tersebut menjadi bagian dari tim kita tapi akan sangat menjengkelkan apabila menjadi pemain tim lawan, hehe..

Card System pada PES 2010 ini membuat permainan PES 2010 benar-benar the Real Simulation Football, bukan hanya sekedar permainan dengan kemampuan tapi juga kerja sama tim.

Happy Play (sorry kalo kepanjangan, cuma pengen berbagi aja kok)