Universitas Terbaik Indonesia di Mata Dunia

Daftar peringkat universitas terbaik Asia 2011 telah diterbitkan lembaga terkemuka pemeringkat perguruan tinggi dunia, Quacquarelli Symonds (QS).

 

Di tengah hiruk pikuk universitas dari Jepang, Hong Kong, China, Korea Selatan dan Taiwan, Indonesia, menempatkan empat wakilnya dalam daftar 100 besar lembaga yang berbasis di London, Inggris ini.

 

Universitas Indonesia menjadi yang terbaik dan bertengger di peringkat 50. Universitas Gajah Mada di peringkat 80, Universitas Airlangga di peringkat 86, dan Institut Teknologi Bandung ada di peringkat 98. Sementara Universitas Padjajaran ada di peringkat 128 dan Institut Pertanian Bogor ada di peringkat 134.

 

Satu-satunya wakil Asia Tenggara dalam daftar 10 besar adalah Singapura melalui National University of Singapore (NUS). Daftar versi QS menunjukkan, Indonesia masih kalah bersaing dengan Thailand dan Malaysia.

 

Demikian seperti dikutip dari situs Topuniversities, Senin (23/5/2011). Thailand menempatkan dua wakilnya dalam daftar 50 besar. Di peringkat 34 ada Universitas Mahidol dan di peringkat 47, ada Universitas Chulalongkorn. Negara yang pernah belajar pendidikan di Indonesia, Malaysia, menempatkan satu wakilnya dalam daftar 50 besar. Universiti Malaya ada di peringkat 39, jauh di atas UI. Universiti Kebangsaan Malaysia di peringkat 53, Universiti Sains Malaysia di peringkat 54 dan Universiti Teknologi Malaysia di peringkat 76.

 

Sementara negara yang masih berkutat dengan terorisme, Pakistan berada di peringkat 84 melalui National University of Sciences and Technology Islamabad.