Rossi Dedikasikan Podium untuk Simoncelli Valentino Rossi berhasil menjadi tercepat kedua pada GP San Marino.

Valentino Rossi berhasil menjadi tercepat kedua pada GP San Marino, Minggu 16 September 2012. Sang ikon kembali ke tempat seharusnya, podium.

Berada dibelakang Jorge Lorenzo sepanjang balapan, Rossi berhasil mempertahankan posisi runner-up meski sempat mendapat tekanan.

Sukses ini didedikasikan untuk Marco Simoncelli, yang namanya sekarang digunakan dalam nama sirkuit Misano.

Rossi adalah teman dekat Simoncelli di MotoGP. Namun, persahabatan keduanya  berakhir tragis setelah Sic meninggal akibat kecelakaan di GP Malaysia 23 Oktober 2011 lalu.

Misano adalah sirkuit dekat kota kelahiran Simoncelli. Nama sirkuit pun akhirnya didedikasikan untuk rider berambut kriwil itu.

“Meraih posisi kedua ini sangat spesial jika dilihat dari berbagai sudut. Pertama, ini terjadi di Misano, sangat dekat dengan kampung halamanku, Grand Prix kandang saya,” ujar Rossi usai balapan, seperti dilansir Autosport.

“Kedua, ini terjadi di sirkuit yang dinamakan sesuai nama Marco, jadi hasil ini saya berikan untuknya. Saya pikir dia membantu saya. Saya sangat senang untuknya dan keluarganya,” lanjut The Doctor.

Ducati menyuplai sasis dan swingarm baru untuk Rossi di GP San Marino ini. Perubahan itu berbuah positif. Setelah memulai dari second row, Rossi mampu tampil kompetitif dan mengamankan posisi dua.

“Ini juga hasil yang penting buat saya, tim, dan semua yang tetap bekerja keras untuk saya meski dalam saat sulit, dan yang pasti buat Ducati,” tambah pembalap Italia itu.

“Semua orang di Bologna (pabrik Ducati) telah bekerja keras untuk rencana ini dan sekarang kita mendapat balapan luar biasa dan podium. Terima kasih pada semuanya, ini adalah raihan yang luar biasa,” ucap Rossi.

Podium di GP San Marino ini adalah podium kedua yang diraih Rossi sepanjang musim 2012-13. Sebelumnya, VR46 berhasil meraih posisi yang sama di GP Prancis, tapi kala itu balapan diganggu oleh hujan lebat.