Stoner pensiun dari MotoGP usai balapan di Valencia.

Senin, 12 November 2012, 04:55 Haryanto Tri Wibowo
Stoner di MotoGP Valencia
Stoner di MotoGP Valencia (REUTERS/Heino Kalis)

//

VIVAnews – Casey Stoner mencatatkan namanya sebagai legenda MotoGP ke-20 usai menjalani balapan terakhir di Valencia, Minggu 11 November 2012.

Stoner berhasil merebut podium ketiga di Valencia, di belakang rekan setimnya di Repsol Honda, Dani Pedrosa, dan Katsuyuki Nakasuga (Yamaha). Ini adalah balapan terakhir Stoner di ajang MotoGP setelah memutuskan pensiun akhir musim ini.

“Saya tahu kami terlalu berhati-hati, saya tidak ingin mengambil risiko. Sejujurnya saya takut kecelakaan dan membuat kaki saya semakin buruk. Banyak kecelakaan yang terjadi hari ini,” ujar Stoner seperti dilansir Autosport.

“Saya tidak percaya diri tampil di kondisi trek basah. Saya tegang dan tidak membalap seperti biasanya, terutama di kondisi trek seperti ini,” sambungnya.

Meski gagal menutup karir di MotoGP dengan kemenangan, Stoner tetap mendapat penghargaan khusus. Juara dunia MotoGP 2007 dan 2011 tersebut dinobatkan sebagai legenda MotoGP ke-20.

Stoner bergabung dengan daftar legenda sebelumnya: Giacomo Agostini, Mick Doohan, Geoff Duke, Wayne Gardner, Mike Hailwood, Daijiro Kato, Eddie Lawson, Anton Mang, Angel Nieto, Wayne Rainey, Phil Read, Jim Redman, Kenny Roberts, Jarno Saarinen, Kevin Schwantz, Barry Sheene, Freddie Spencer, John Surtees dan Carlo Ubbiali.

Stoner memutuskan pensiun dari MotoGP di usia 2007. Memulai debut di kelas 125cc pada 2001, hingga kini Stoner telah meraih 45 kemenangan Grand Prix, 89 podium dan 43 pole position.

<!–

–>
© VIVA.co.id